Tips Liburan Aman dan Nyaman

Tips Liburan Aman dan Nyaman

Waktu liburan selalu menjadi waktu yang spesial bagi banyak orang. Namun, waktu itu juga merupakan saat-saat orang yang biasanya sibuk menjadi kurang peduli akan keamanan lingkungan. Saat liburan tiba, banyak penjahat menjadikan saat itu untuk melancarkan aksi kejahatan mereka. Oleh karena itu, sebarkan tips-tips agar liburan aman dan nyaman ini kepada orang-orang terdekat Anda; keluarga, teman, atau pun tetangga.

  1. Tips Aman Menghadapi Orang Asing
    1. Kadangkala, tamu-tamu yang datang ke rumah kita benar-benar merupakan tamu tak diundang alias pelaku tindak kriminal. Anda harus hati-hati terhadap orang jahat yang menyamar sebagai kurir pembawa hadiah atau paket. Jika memang Anda menunggu kedatangan sebuah paket, informasikan hal ini kepada seluruh anggota keluarga. Demikian pula sebaliknya, jika anggota keluarga Anda ada yang menunggu paket, mereka harus menginformasikan kepada orang rumah jenis paket dan kapan kemungkinan akan diantar.
    2. Beberapa pelaku tindak kejahatan berpura-pura menjadi pengumpul uang sumbangan. Jika ditemui oleh orang-orang ini, tanyakan apakah kegiatan mereka sudah mendapatkan ijin RT setempat. Bisa jadi, uang sumbangan masuk ke kantong mereka sendiri. Atau bisa jadi, mereka hanya menggunakan hal itu sebagai kedok aksi pencurian atau hal lain yang lebih gawat lagi.
  2. Tips Agar Rumah Aman
    1. Selalu waspada dan kunci seluruh pintu serta jendela ketika akan meninggalkan rumah meskipun hanya untuk waktu beberapa menit.
    2. Jika perlu meninggalkan rumah untuk waktu lama, mintalah anggota keluarga atau tetangga mengawasi rumah Anda.
    3. Jika memungkinkan, pasang instalasi lampu otomatis yang dapat diset waktunya.
    4. Biarkan radio atau televisi menyala sehingga rumah terlihat berpenghuni.
    5. Jangan biarkan benda-benda berharga terlihat dari jendela atau pintu yang terbuka. Simpan di tempat yang tidak bisa dilihat orang dari luar rumah.
  3. Tips Aman Berbelanja
    1. Usahakan berbelanja di siang hari. Jika perlu berbelanja di malam hari, ajak teman atau saudara.
    2. Berpakaianlah yang biasa-biasa saja asal nyaman.
    3. Jangan mengenakan perhiasan yang menarik perhatian.
    4. Jangan membawa dompet atau tas tangan jika memungkinkan. Benda-benda itu adalah target utama para pencopet terutama di terminal dan pusat perbelanjaan yang ramai.
    5. Walaupun Anda terburu-buru, selalu waspada terhadap keadaan sekitar.
    6. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar.
    7. Jika memungkinkan, bayar saja dengan cara menggesek kartu debet atau kartu kredit.
    8. Simpan uang tunai di kantong depan celana Anda.
    9. Hindari membawa banyak barang bawaan.
    10. Hati-hati jika ada orang asing menghampiri Anda dengan alasan apa pun. Penjahat melakukan segala cara untuk menarik perhatian Anda dengan maksud mengambil uang dan barang-barang Anda.

Demikian tips-tips agar liburan aman dan nyaman. Semoga liburan Anda menyenangkan!

Rate this article!