Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Saat Liburan

Tips Keselamatan Saat Berlibur Sendirian

Liburan adalah saat-saat yang tepat untuk menikmati waktu berkualitas bersama keluarga dan teman-teman. Saat berlibur, jangan lupa untuk selalu tetap menjaga kesehatan dan keselamatan. Berikut tips-tips yang bisa kami berikan untuk Anda:

  1. Sering-seringlah mencuci tangan

Saat liburan, tentunya Anda menghabiskan banyak waktu di ruang terbuka. Jagalah kebersihan tangan Anda sebagai upaya untuk mencegah sakit dan menyebarkan kuman-kuman kepada orang lain. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang bersih. Usap-usap tangan dengan sabun selama setidakya 20 detik sebelum dibilas.

Selain mencuci tangan, jaga kebersihan dengan cara menutup hidung dengan tisu saat Anda batuk atau bersin. Dalam keadaan mendesak tidak sempat mengambil tisu, gunakan siku atau lengan atas baju untuk bersin atau batuk, jangan gunakan tangan Anda langsung untuk menutup mulut.

  1. Jaga suhu tubuh tetap hangat

Suhu udara yang dingin dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, terutama pada bayi dan lansia. Jaga tubuh agar tetap kering dan kenakan pakaian hangat di udara dingin.

  1. Kelola stress Anda

Jangan malah stress saat liburan. Tetaplah berkomitmen untuk bersenang-senang dan menghilangkan stress. Seimbangkan waktu untuk bekerja, bermain, dan beristirahat di rumah. Minta keluarga dan teman-teman mendukung Anda agar tetap berpikir positif dan relaks. Waktu tidur Anda juga harus cukup dan berkualitas.

  1. Jaga keselamatan saat bepergian

Pastikan Anda menjaga keselamatan saat bepergian. Jangan mengemudikan kedaraan dalam kondisi mabuk dan jangan biarkan seseorang yang mabuk mengemudikan mobil yang Anda tumpangi. Selalu kenakan sabuk pengaman dan atur sabuk pengaman agar pas dengan anak/balita Anda.

  1. Jangan merokok

Hindari merokok dan menghirup asap rokok orang lain. Segeralah berhenti merokok jika Anda masih merokok saat ini. Mintalah bantuan petugas kesehatan jika perlu.

  1. Lakukan check-up dan vaksinasi

Pemeriksaan awal dapat membantu Anda menemukan masalah-masalah kesehatan secara lebih dini agar bisa mendapatkan penanganan maksimal. Sedangkan vaksinasi mencegah penyakit dan menyelamatkan hidup.

  1. Awasi anak-anak Anda

Anak-anak sangat rentan cedera. Selalu awasi mereka baik-baik saat makan dan bermain. Hindarkan anak-anak dari jangkauan mainan, makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga yang berbahaya. Pelajari cara penanganan pertama untuk anak yang tersedak. Pastikan mainan digunakan sebagaimana mestinya. Buatlah peraturan mengenai sopan santun dan etiket baik, termasuk saat menggunakan media elektronik.

  1. Hindari cedera

Selalu hindari hal-hal yang bisa membuat cedera atau gunakan alat pengaman saat menjalankan aktivitas-aktivitas berbahaya.

  1. Siapkan makanan dengan aman

Hindari penyebaran penyakit dengan cara memisahkan bahan-bahan yang sudah dimasak/siap makan dengan bahan yang belum dimasak. Masaklah makanan dengan temperatur yang disarankan. Jangan biarkan sisa makanan begitu saja dalam waktu lebih dari dua jam.

  1. Makanlah makanan yang sehat dan aktiflah bergerak

Untuk mendapatkan pengalaman liburan sehat, makanlah makanan sehat dan gerakkan tubuh Anda. Alih-alih makan permen, makanlah buah-buahan segar. Gerakkan tubuh Anda secara aktif, setidaknya dua setengah jam seminggu.