Astana Giribangun, Tempat Bersemayamnya Presiden Soeharto dan Ibu Tien

astana giribangun

Astana Giribangun merupakan sebuah kompleks pemakaman di lereng pegunungan Lawu. Lokasinya terletak di Bukit Ngipik, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Bukit hijau itu terletak sekitar 40 kilometer arah timur dari Kota Solo. Astana Giribangun dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Karanganyar.

Untuk menuju kompleks Astana Giribangun, pengunjung harus melewati jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Meskipun memerlukan sedikit usaha, pemandangan bukit yang indah akan menghapus rasa lelah setiap orang yang melihatnya.

Para pengunjung tidak hanya menjadikan objek wisata ini sebagai objek wisata religius dan spiritual tetapi juga sebagai objek wisata sejarah. Banyak pengujung melalukan ritual Ngalap Berkah saat berziarah ke Astana Giribangun.

Luas Astana Giribangun adalah kurang lebih 4,3 hektar. Di sinilah, Presiden Kedua Indonesia, Soeharto, dan istrinya, Raden Ayu Siti Hartinah, dimakamkan. Raden Ayu Siti Hartinah atau yang lebih dikenal publik dengan sebutan Ibu Tien Soeharto masih mempunyai hubungan kekerabatan denga Mangkunegara III. Di atas Astana Mangadeg yang berketinggian 660 meter di atas permukaan laut, berdiri komplek pemakaman lainnya, Astana Mangadeg. Raja-raja Mangkunegaran dimakamkan di Astana Mangadeg.

Kompleks peristirahatan terakhir Keluarga Cendana ini sudah menjadi tempat wisata ziarah yang terbuka untuk umum. Tempat wisata ziarah ini diresmikan pada tanggal 23 Juli 1976 (sengkalan= Ngesti Suwung Wenganing Budi) oleh Soeharto dan Tien Soeharto.

Astana Giribangun mengambil rancangan arsitektur Joglo, bangunan rumah khas Jawa. Wilayahnya terbagi atas tiga cungkup yakni Cungkup Argotuwuh, Cungkup Argokembang, dan Cungkup Argosari. Hiasan-hiasan dalam kompleks pemakaman menjadikan tempat tersebut tidak mirip seperti pemakaman namun lebih mirip seperti mansion mewah.

Makam kedua orang tua Ibu Tien Soeharto, Bapak Soeharto, dan Ibu Tien Soeharto terletak di Cungkup Argosari. Cungkup ini hanya direncanakan untuk lima makam. Cungkup ketiga itu juga merupakan cungkup utama dan cungkup tertinggi. Terdapat empat tiang dari beton diihiasi lapisan kayu ukir Jepara di Cungkup Argosari. Dasar tiang terbuat dari logam kuning berkilauan layaknya emas. Lantai cungkup terbuat dari marmer Tulungagung.

Sementara itu, Cungkup Argokembang menyediakan tempat untuk 116 badan. Cungkup ini diperuntukkan kepada keluarga besar Mangkunegaran, pengurus pleno Yayasan Mangadeg, dan pengurus seksi Yayasan Mangadeg. Syarat yang sama juga diberlakukan untuk orang-orang yang berhak dimakamkan di cungkup terluar Astana Giribangun, Cungkup Argotuwuh.

Fasilitas-fasilitas pendukung objek wisata ziarah Astana Giribangun adalah area parkir, dua ruang tunggu, kios suvenir, kios makanan dan minuman, kamar mandi, tandon air, mushala, serta balai peristirahatan (paseban timur dan paseban selatan). Warung-warung makan terletak di dekat area parkir.

Objek wisata ziarah Astana Giribangun merupakan salah satu destinasi Paket Wisata Candi ixoTransport. Hubungi kami di kontak yang ada di situs ini untuk memesan paket wisata tersebut.