Daftar Hotel Bersejarah dan Unik di Solo

OmahSinten tampak Barat

 

Kota Solo mempunyai banyak peninggalan budaya tidak hanya objek wisata tetapi juga fasilitas publiknya. Postingan sebelumnya membahas dua hotel bersejarah dan unik di Kota Solo, yakni Kusuma Sahid Prince Hotel dan The Royal Surakarta Heritage. Melalui postingan ini, kami kembali membahas beberapa hotel bersejarah dan unik di Solo lainnya.

  1. Rumah Turi Green Boutique Hotel

Rumah Turi merupakan sebuah hotel yang dikonsep menyatu dengan alam, seni, budaya, dan masyarakat. Letaknya strategis di pusat kota Solo, yaknni di Jalan Srigading No. 12 Turisari. Dari Stasiun Solobalapan, penginapan ini dapat dijangkau dalam waktu lima menit berkendara. Sedangkan dari Bandara Internasional Adi Sumarmo, Rumah Turi Green Boutique Hotel dapat dijangkau dalam waktu 20 menit. Lokasinya dekat dengan berbagai landmark Kota Solo seperti Istana Mangkunegaran dan Kasunanan, Stasiun Solobalapan, Terminal Tirtonadi, dll.

Pengelola hotel menyediakan 18 kamar beratmosfer harmonis dan damai. Fasilitas yang disediakan meliputi ruang rapat, persewaan sepeda, kedai kopi, tur, layanan kamar, taman, pijat, dan spa. Untuk menyewa kamar semalam, tarif dipatok mulai dari Rp 500.000,00.

  1. Omah Sinten

Dilihat dari luar, Omah Sinten seperti hanya sebuah restoran yang kental dengan nuansa budaya Jawa. Namun, jangan salah, ternyata, Omah Sinten juga menawarkan 10 heritage room yang dapat disewa mulai dari Rp 650.000,00 per malam. Letaknya di daerah Ngarsopuro, tepatnya di Jalan Diponegoro No. 34-54, depan Keraton Mangkunegaran, Solo.

Omah Sinten menyongsong konsep green living bersanding dengan arsitektur Jawa. Seluruh furnitur terbuat dari kayu-kayu hasil daur ulang. Langit-langitnya dihiasi batik khas Solo yang menyuguhkan interior Jawa klasik.

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola hotel adalah welcome drink, fruit basket, laundry and dry cleaning, 24/7 room service, meeting room, family room, safety box, park, message and spa.

  1. Roemahkoe Heritage Hotel

Terletak di Jalan dr. Radjiman No. 501 Solo, Roemahkoe Heritage Hotel menyediakan lokasi asri di tengah-tengah pusat perekonomian Solo. Hotel ini dekat dengan Pasar Jongke, Mal Solo Square, Solo Grand Mall, dan Stasiun Purwosari. Layanan-layanan yang tersedia meliputi restoran, layanan kamar, binatu dan mengeringkan pakaian, ruang merokok, tur, pijat, spa, dan taman. Untuk satu malamnya, setiap kamar bisa disewa dengan tarif mulai dari Rp 720.000,00.

  1. Hotel Dana

Hotel Dana adalah salah satu hotel yang sudah lama berdiri di Solo. Letaknya benar-benar di tengah kota Solo, Jalan Slamet Riyadi No. 286. Hotel ini dapat diakses dalam waktu lima menit dari Stasiun Purwosari dan 20 menit dari Bandara Internasional Adi Sumarmo. Adapun fasilitas yang disediakan antara lain tempat parkir mobil, tempat rapat, restoran, wi-fi, TV LCD/Plasma, kulkas, pengering rambut, shower, dan bak mandi di setiap kamar. Tarif sewa per malam mulai Rp 340.000,00.

Empat hotel bersejarah dan unik di atas dapat menjadi pilihan tempat menginap Anda.