Objek Wisata Cemoro Sewu

cemoro sewu 2

Mendaki Gunung Lawu dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu jalur Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu. Anda yang ingin mendaki dan menikmati indahnya Puncak Lawu dari daerah Jawa Timur, dapat menempuh jalur Cemoro Sewu dengan trek yang agak menanjak namun memiliki jarak tempuh yang lebih singkat bila dibandingkan dengan jalur Cemoro Kandang.

Asal nama Cemoro Sewu didapat dari lebatnya hutan cemara yang tumbuh di daerah jalur pendakian tersebut. Jalur Cemoro Sewu juga telah memiliki jalan setapak berbatu yang tertata rapi. Cemoro Sewu berada di ketinggian 1.600 mdpl sehingga pada sore hari biasanya udara telah terasa sangat dingin. Jika ingin memulai pendakian melalui jalur Cemoro Sewu, Anda dapat mengatur waktu pendakian dan mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Waktu terbaik untuk mendaki adalah pada malam hari sekitar jam 9-11, karena diperkirakan Anda dapat sampai di Puncak Lawu sebelum matahari terbit.

Di sepanjang jalur Cemoro Sewu, terdapat 5 pos yang akan Anda lalui dan menjadi tempat melepas lelah. Pada Pos I, terdapat warung makan yang buka pada hari Kamis-Minggu. Perjalanan dari Pos I ke Pos II akan menjadi perjalanan terlama Anda selama menempuh jalur Cemoro Sewu ini, trek yang dilalui pun cukup menanjak dan berbatu. Selanjutnya, menuju ke Pos III, Anda harus lebih berhati-hati karena terdapat asap belerang di jalur ini sehingga sangat disarankan agar Anda tidak berlama-lama ketika beristirahat di pos ini. Menuju Pos IV, jalur semakin menanjak dan Anda harus merangkak pada batu-batuan, tetapi Anda akan terbantu dengan pegangan besi yang berada di samping kanan kiri jalur pendakian.

Pos V cukup dekat dengan pos IV, dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Di pos ini juga terdapat warung yang menjual makanan dan menyediakan tempat bermalam bagi pendaki. Dari Pos V ini, Anda juga dapat melanjutkan perjalanan ke Sendang Drajat, sumber mata air bersih untuk mengisi botol air minum Anda yang sudah kosong. Jika Anda pernah mendengar tentang warung Mbok Yem, maka di sinilah Anda dapat menemukan warung yang terkenal itu. Warung Mbok Yem hanya berjarak 15 menit dari Sendang Drajat. Spot di depan warung ini merupakan salah satu yang terbaik untuk melihat dan menikmati sunrise. Puncak Hargo Dumilah hanya tinggal 15 menit perjalanan lagi. Di puncak ini, terdapat tugu triangulasi yang menandai Puncak Gunung Lawu tersebut. Anda dapat melihat indahnya alam dan pemandangan Gunung Merbabu, Merapi, dan Semeru ketika langit cerah di Puncak Lawu. Akan sangat disayangkan jika jalur Cemoro Sewu yang penuh tantangan ini tidak masuk ke dalam daftar tujuan wisata alam Anda. Selamat berpetualang!

Rate this article!
Objek Wisata Cemoro Sewu,5 / 5 ( 1votes )