Objek Wisata Telogo Sarangan

wisata telaga sarangan

Salah satu objek wisata alam di lereng Gunung Lawu yang banyak menarik minat wisatawan adalah Telogo Sarangan. Telogo yang juga dikenal sebagai Telogo Pasir ini merupakan telogo alami yang terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Berjarak 5 Km dari Tawangmangu, 16 Km dari Kabupaten Magetan, dan sekitar 50 Km dari Kota Solo, perjalanan menuju Telogo Sarangan dapat Anda tempuh menggunakan mobil sewaan maupun mobil pribadi. Mengingat medan yang cukup berat untuk dilalui kendaraan bermotor, maka Anda harus ekstra hati-hati, juga mempersiapkan kendaraan Anda dengan baik agar tidak mogok di tengah-tengah perjalanan.

Apa yang menjadi daya tarik dari Telogo Sarangan ini? Anda pasti sudah mengetahuinya! Apalagi kalau bukan udaranya yang sejuk, pemandangannya yang indah, serta suasana alamnya yang sungguh menyegarkan jiwa dan raga! Telogo Sarangan dikelilingi oleh perbukitan hijau dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung serta wahana wisata yang tentunya akan menjadikan wisata alam Anda dan keluarga menjadi lebih berkesan.

Telogo Sarangan memiliki luas sekitar 30 Ha dengan kedalaman mencapai 28 meter. Jika Anda ingin menikmati keindahan telogo ini, Anda dapat berjalan santai sambil berkeliling di sekitar telaga atau menaiki kuda yang juga banyak disewakan di sana. Selain berkeliling, tentunya Anda juga dapat menjelajahi isi telogo dengan menggunakan perahu sewaan. Ada berbagai pilihan perahu, mulai dari perahuspeed boat yang berkecepatan tinggi atau perahu kayuh yang dapat dinikmati dengan lebih santai. Jika Anda ingin duduk-duduk sambil bersantai, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba sate kelinci dan berbagai kuliner khas Magetan yang dijual di warung-warung lesehan, di sekitar Telogo Sarangan.

Daerah Wisata Telogo Sarangan yang tak pernah sepi pengunjung ini semakin berkembang dan maju. Banyak tempat penginapan yang terdapat di sekitar Telogo, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat bermalam. Berbagai souvenir dan sayur mayur serta buah-buahan segar dijual di sekitar telogo sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk mencari buah tangan. Di dekat Telogo Sarangan juga terdapat pintu  masuk menuju tiga air terjun yaitu Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan. Anda dapat mengunjungi air terjun tersebut sebagai destinasi tambahan wisata Anda di sana. Akses untuk menuju air terjun tidaklah sulit. Bahkan separuh perjalanannya dapat ditempuh dengan mobil.

Telogo Sarangan memang bukan merupakan kawasan wisata alam di kota Solo, namun bagi Anda yang berkunjung ke Solo, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Jarak yang tidak terlalu jauh serta akses yang mudah tentunya bukan menjadi halangan bagi Anda. Anda dapat mengambil paket wisata alam yang terdiri dari objek wisata di sekitar lereng Gunung Lawu seperti Telogo Sarangan ini. Tunggu apa lagi? Selamat berwisata!

Rate this article!