Objek Wisata Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Salah satu ikon wisata alam di Solo dan tempat wisata favorit bagi para wisatawan adalah Grojogan Sewu. Sebenarnya, Grojogan sewu ini terletak di Tawangmangu, kabupaten Karanganyar, namun karena jarak yang tidak terlalu jauh dan dapat ditempuh dalam waktu yang tidak terlalu lama, yaitu sekitar 1 jam dari kota Solo, maka tidak jarang para wisatawan yang berwisata ke kota Solo akan menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata alam yang terkenal ini.

Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu, sekitar 27 km sebelah timur kota Karanganyar. Tidak sulit untuk mencapai tempat ini, selain menggunakan transportasi pribadi, akses untuk transportasi umum seperti bus sudah tersedia. Jarak antara Terminal Tawangmangu dan Grojogan Sewu tidak terlalu jauh, dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau naik angkot. Jika Anda menggunakan alat transportasi pribadi, Anda tidak perlu khawatir karena di lokasi Grojogan Sewu ini pun telah dilengkapi dengan lahan parkir yang memadai.

Grojogan Sewu secara harafiah berasal dari kata grojogan yang berarti pancuran air dan sewu yang berarti seribu. Walaupun begitu, bukan berarti di kawasan ini terdapat seribu air terjun. Arti kata seribu yang dimaksud di sini berasal dari kata seribu pecak, yaitu satuan jarak yang digunakan untuk mengukur tinggi suatu benda atau objek yang digunakan oleh masyarakat setempat pada waktu itu. Ukuran satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Jadi Grojogan Sewu berarti air terjun yang tingginya hampir sama dengan seribu telapak kaki orang dewasa.

Anda penasaran dengan tinggi sebenarnya dari air terjun ini? Jika dituliskan dalam satuan meter, tinggi air terjun ini sekitar 80 meter. Di lokasi wisata air terjun Grojogan Sewu ini, Anda tidak hanya akan menemukan satu air terjun saja, tetapi juga beberapa titik air terjun dengan ketinggian yang bervariasi dan pancurannya yang meluas serta bercabang-cabang. Untuk mencapai air terjun dari loket masuk, Anda harus berjalan melewati seratusan anak tangga yang berjajar rapi.

Selain terkenal dengan air terjunnya, Grojogan Sewu juga memiliki kawasan hutan wisata seluas 20 Ha yang banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon dan dihuni oleh kera-kera jinak. Kawasan wisata Grojogan Sewu saat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi yang dapat dinikmati bersama-sama dengan keluarga Anda. Wahana permainan seperti kolam renang, mini waterboom, mini rafting, out bond, dan flying fox akan menyemarakkan wisata Anda dan keluarga. Tentunya Anda juga tidak ingin melewatkan kesempatan menikmati kuliner khas Grojogan Sewu, sate kelinci yang terkenal dengan dagingnya yang lembut dan gurih. Dengan keseluruhan daya tarik alamnya yang indah dan dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukung, Grojogan Sewu memang layak menjadi pilihan tempat wisata Anda. Selamat Menikmati!

Rate this article!