Pasar Klewer, Ikon Wisata Belanja Legendaris

pasar klewer

Berwisata belanja di kota Solo akan sangat tidak lengkap jika Anda belum berkunjung ke Pasar Klewer. Pasar yang terletak di Jl. Dr. Radjiman Solo, tepatnya di sebelah alun-alun lor (alun-alun utara) ini merupakan pusat jual beli sandang terbesar di Jawa Tengah. Jumlah pedagang yang ada di dalam pasar ini bahkan mencapai ribuan. Pasar Klewer sangat terkenal dengan produk batiknya, tak jarang para wisatawan yang sengaja datang ke pasar ini untuk berburu batik baik iuntuk dipakai sendiri maupun sebagai barang dagangan yang akan dijual lagi. Anda dapat berbelanja kain, jarik, daster, kemeja, gaun, sprei, pakaian anak-anak, pakaian santai, blouse, dan produk fashion lainnya baik yang bercorak batik maupun tidak.

Di Pasar Klewer tersedia berbagai macam jenis kain dan pakaian mulai dari pakaian anak-anak, dewasa, orang tua, pakaian resmi, pakaian sekolah, pakaian blouse cantik, pakaian santai dll. Namun yang menonjol pada pasar klewer adalah di sana tersedia berbagai macam jenis batik dari seluruh kota selain kota Surakarta diseluruh Indonesai, seperti kota Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas dll. Jika kita menengok ke lantai dua kita juga akan menemui beberapa penjahit yang siap mengubah kain yang baru saja dibeli menjadi sebuah pakaian yang diinginkan. Dengan sistem pasar tradisional, Anda tentunya dapat menawar harga yang diberikan oleh pedagang yang ada di Pasar Klewer. Bukannya tidak mungkin jika Anda akan mendapat harga yang lebih murah bahkan diskon yang cukup menggoda. Di Pasar Klewer, Anda dapat berbelanja sepuasnya dengan harga eceran maupun grosir.

Pasar Klewer yang terkenal ini memiliki sejarah yang unik terkait dengan pemberian namanya. Disebut Klewer karena kegiatan para pedagang yang menjual dagangannya dengan membawanya dia atas bahu, sehingga banyak barang dagangan yang berjatuhan, dan dalam istilah Bahasa Jawa disebut kleweran. Pada mulanya, pasar ini terletak di daerah timur Pasar Legi, dan dipindah ke daerah slompretan, sebelum akhirnya diresmikan oleh presiden Soeharto di jalan Dr. Radjiman itu. Namun saat ini, Pasar Klewer sedang dalam proses renovasi dan pembangunan kembali setelah terjadi musibah kebakaran pada Desember silam. Kebakaran diduga karena konsleting listrik dari salah satu kios di dalam Pasar Klewer yang akhirnya menjalar ke kios-kios dan melalap habis seluruh bagian pasar. Tapi saat ini, Anda masih tetap dapat berbelanja di Pasar Klewer karena para pedagang di pasar ini telah direlokasi di pasar sementara yang terletak di alun-alun lor. Tentunya kita semua berharap agar Pasar Klewer tetap dapat Berjaya dan bangkit lagi setelah musibah kebakaran tersebut dan tidak kehilangan predikatnya sebagai pasar tekstil terbesar dan terlengkap. Selamat berwisata!